Melanoma

Penyakit Kulit Melanoma
melanoma adalah kanker kulit yang amat serius, hingga bisa mengakibatkan kematian bila tidak diobati. melanoma yaitu type kanker yang mengakibatkan pergantian tahi lalat pada kulit, amat beresiko bila nampak pada leher atau kulit kepala. di antara sinyal berlangsungnya melanoma yaitutahi lalat yang membesar. tak hanya itu berlangsung pergantian warna pada tahi lalat dan tampaksinyal tanda peradangan pada kulit di lebih kurang tahi lalat.
Tahi lalat yang normal berwarna cokelat atau hitam dengan perbatasan halus yang memisahkan tahi lalat dari kulit di sekitarnya. Bentuknya oval atau bulat dan biasanya berukuran lebih kecil dari 1/4 ini atau sekitar 6 mm. Namun, apabila Anda memiliki tahi lalat yang memiliki karakteristik yang berbeda dari biasanya, mungkin itu mengindikasikan melanoma.


Gejala penyakit kanker melanoma
  1.  Borok atau bisul pada kulit
  2.  Perubahan bentuk, ukuran atau warna tahi lalat yang ada (Obat Kanker Melanoma)
  3.  Perubahan warna benjolan atau gumpalan gatal yang mungkin berdarah
  4.  Perubahan warna bercak-bercak gatal yang mungkin berdarah
 Penyebab penyakit kanker Melanoma 
Melanoma terjadi ketika sel melanosit yang berfungsi memproduksi pigmen untuk warna kulit tidak bekerja dengan normal. Biasanya sel-sel kulit berkembang dengan teratur dan dapat dikontrol. Sel yang baru akan tumbuh, sedangkan sel lama akan mati. Tetapi, ketika beberapa sel mengalami kerusakan DNA, pertumbuhan sel menjadi tak terkendali dan dapat membentuk sel kanker.

 Mencegah melanoma
Sinar matahari yang paling berbahaya adalah dari jam sepuluh pagi sampai empat sore. Jadi, ada baiknya Anda tidak keluar rumah di antara jam tersebut. Selain menggunakan pakaian tertutup dan tabir surya, pencegahan melanoma juga bisa dilakukan dengan menghindari kegiatan tanning atau pewarnaan kulit. Karena pewarnaan sering dilaporkan sebagai penyebab meningkatnya kasus melanoma.

Pengobatan
Pilihan pengobatan harus disesuaikan dengan stadium kanker dan usia Anda. Apabila melanoma sudah terdeteksi dan Anda langsung menanganinya, mungkin dokter hanya akan melakukan operasi untuk menghapus melanoma. Bila melanoma masih sangat tipis, sel kanker dapat dihapus seluruhnya selama biopsi dan tidak memerlukan perawatan lebih lanjut. Namun, apabila sel kanker sudah menyebar ke organ lain, pilihan pengobatan mencakup:
1. Pembedahan untuk mengangkat kelenjar getah bening yang terkena
Jika melanoma telah menyebar ke kelenjar getah bening yang berada di dekatnya, dokter akan melakukan pembedahan untuk menghilangkan kelenjar tersebut. Perawatan tambahan sebelum atau sesudah operasi mungkin juga dianjurkan oleh dokter.
2. Kemoterapi
Jenis pengobatan ini menggunakan obat untuk menghancurkan sel-sel kanker. Anda dapat melakukan pengobatan ini dengan mengkonsumsinya dalam bentuk pil ataupun dengan melakukan penyuntikkan ke pembuluh darah di bagian lengan atau kaki. Bedanya, pengobatan dalam bentuk pil menjangkau seluruh bagian tubuh Anda. Sedangkan, pengobatan dengan melakukan suntikkan hanya menjangkau daerah yang terkena melanoma dan tidak akan mempengaruhi bagian lain dari tubuh Anda.
3. Terapi radiasi
Pada jenis pengobatan ini, dokter menggunakan balok energi bertenaga tinggi, seperti sinar-X untuk membunuh sel kanker. Selain itu, pengobatan ini juga dapat membantu meringankan gejala melanoma yang telah menyebar ke organ lain. Namun, Anda mungkin akan mengalami efek samping dari pengobatan ini, seperti kelelahan. Tetapi, energi Anda akan kembali selama beberapa waktu setelah pengobatan selesai dilakukan.
4. Terapi biologi
Jenis pengobatan ini dilakukan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh guna melawan sel kanker yang ada pada tubuh Anda. Terapi biologi yang digunakan untuk mengobati melanoma termasuk interferon dan interleukin-2. Jenis pengobatan ini juga memberikan efek samping menyerupai penyakit flu, yaitu menggigil, kelelahan, demam, sakit kepala, dan nyeri otot. Ipilimumab (Yervoy) adalah obat lain yang menggunakan sistem kekebalan tubuh untuk melawan melanoma. Obat ini digunakan untuk mengobati melanoma tingkat lanjut yang telah menyebar di luar lokasi aslinya.
5. Terapi target
Dokter menggunakan obat yang telah dirancang untuk menargetkan kerentanan spesifik dalam sel kanker. Vemurafenib (Zelboraf) adalah terapi yang ditargetkan disetujui untuk mengobati melanoma tingkat lanjut yang tidak dapat diobati dengan pembedahan atau melanoma yang telah menyebar ke seluruh tubuh. Vemurafenib hanya memperlakukan melanoma yang memiliki mutasi genetik tertentu. Sel dari melanoma Anda dapat diuji untuk melihat apakah pengobatan ini dapat menjadi pilihan bagi Anda.


Post a Comment